FLOAT FLOAT
Menu

Discographies

Keruh

Loading tracks...

“Keruh” adalah sebuah lagu bertempo pelan yang memotret suasana batin saat jauh tersesat. Lagu ini lahir pada saat maraknya berita mengenai kebakaran hutan dan lahan gambut di berbagai wilayah di nusantara. Seperti karya-karya rekaman lain yang telah dirilis sebelumnya, “Keruh” telah melewati proses transformasi yang panjang sejak tahap awal kelahirannya pada tanggal 12 Oktober 2015 lalu.

Bermula dari penyusunan nada vokal dan struktur lagu yang kemudian dilanjutkan dengan penulisan lirik, proses penciptaan lagu ini akhirnya selesai dilakukan Meng menjelang akhir Oktober 2015. Komposisi instrumen pada aransemen musik pertama yang terdiri dari bass, drums, organ, flute, dan string section pun akhirnya diubah oleh Meng dan Remon pada sesi rekaman yang dimulai pada pertengahan Februari 2016 lalu. Selain Meng pada vokal & gitar akustik dan Remon pada bass, proses rekaman single ini juga melibatkan David Qlintang pada gitar elektrik dan Ria Zipie pada flute.

Untuk pertama kalinya, kami merilis sebuah karya rekaman dengan format audio beresolusi tinggi (24-bit, 48kHz) agar setiap detil bunyi dalam komposisi musiknya dapat seutuhnya menyampaikan makna lagu ini. Meski format audio beresolusi tinggi ini hanya tersedia di iTunes & Apple Music, format lain juga dapat diperoleh di digital stores lainnya.

Single “Keruh” adalah single pertama kami yang dirilis dalam format fisik (CD). Setiap paket CD terdiri dari satu keping CD audio dan satu keping CD data yang berisi file lagu beresolusi tinggi (24-bit, 48kHz) dan file video wawancara mengenai perjalanan “Keruh”, dimulai dari saat pembuatan hingga menjadi karya rekaman.

Materi kemasannya didominasi bahan kayu dengan tema desain yang tentunya mewakili makna lagu, lalu dibungkus dengan bahan karung goni. Sebagian besar proses produksi ini dikerjakan dengan tangan, satu per satu, sehingga tidak ada satupun kemasan yang serupa. Dengan tingkat kesulitan produksi yang cukup tinggi ini, CD single “Keruh” hanya tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas.

Written by Hotma Roni Simamora.
Recorded at C-Pro Studio, Jakarta.
Recording engineers: Enno Tripurono & Angga Satriana.
Mix engineer: Hotma Roni Simamora at New Pepperland, Bogor.
Mastering engineer: Simon Gibson at Abbey Road Studios, London.

Keruh

Terhempas
ke tengah hampa belantara tak berbatas
Sejak kapankah kita jauh tersesat
Tak lagi kau tanyakan

Mencari
di dalam gelap semesta tak bertepi
jejak-jejak langkah untuk kembali
punah ditelan hari

Senyapnya malam bergemuruh
di laut batin yang keruh
Segala gelora pudar redup
Hanyut tak berarah
Hanya berserah

Tenggelam
jauh di dalam samudra tak berdasar
sajak-sajak, nyanyian tentang sinar

Senyapnya malam bergemuruh
di laut batin yang keruh
Segala gelora pudar redup
Hanyut tak berarah
Hanya berserah

Melayang
jauh di sudut angkasa tak berbintang
Memohon agar lahir lagi terang

Hotma Roni Simamora: vocals & acoustic guitar.
Raymond Agus Saputra: bass.
David Qlintang: electric guitar.
Ria Zipie: flute.